eMo dan Temanggung

klo M ngisi biodata -apapun- , di bagian TTL, T depan pasti M ngisi TEMANGGUNG­čśŤ, (lahirnya siy 22 th 2 bln 22 hari, eh salah itung, 22 th 3 bln 20 hari yg lalu) ya soalnya emang M lahir di Temanggung.. bapak mama’ asli temanggung, kakek nenek asli temanggung (eh mbah kakung yg dr mama’ asli magelang deng) makanya M dah ndeso emang dr sononya.. dah bawaan lahir pula­čśŤ

salah satu bukti ndesonya adalah.. klo M kenalan ma temen yg dr luar TMG kebanyakan mereka nanya “Temanggung tu mana?” , malah sering juga ada yg salah sebut ‘TUMENGGUNG’ ..fyuuffhh… entah merekanya dpt nilai jelek pelajaran geografi –wong jelas┬▓ ada di peta– ato saking mungilnya ni kota jd kurang populer? –biasanya M tarik napas 3 kali dolo sebelum jelasin–­čśŤ

mulailah.. M menjelaskan..

Temanggung menurut M tu kota udel (M lebih seneng nyebut gitu dr pada nyebut kota Tembakau –I hate the cigarette–), udel bukan karna Temanggung bodong, tp letaknya kan di bawah dua gunung kembar.. (wkwkwkwkkw… maksa ga seehhh…) **@lembaga sensor : “ga da maksut apa┬▓ lho.. sungguh!!”

susi-2.jpg

klo era dulu.. waktu babe M masih muda.. katanya Temanggung mayan terkenal.. soalnya sempet jd kota terbersih, malah dah sampe’ tingkat Asia Tenggara. mampu bersaing ma Singapura. klo sekerang sih sama aja.. sampah di mana┬▓­čśŽ tp seengaknya Temanggung masih sejuk.. ya karna di kaki gunung, lom banyak gedung┬▓ tinggi (malah hampir ga ada keknya), kendaraan bermotor juga ga serame di kota laen.. pokoknya enak.. adem ayem.. persis kek slogannya TEMANGGUNG BERSENYUM = TEMANGGUNG BERSIH-SEJUK-NYAMAN-UNTUK MASYARAKAT (bener ga yah?).

yg khas dr TMG,80px-lambang_kabupaten_temanggung.jpg

satu, jelas dingin. katanya hampir sama kek Bandung. ga tau juga sih.. M lom pernah ke Bandung­čśŽ

dua, tembakau. klo dolo emang rame bgt. tembakau Tmg ga cuman terkenal seJateng aja tp juga seIndonesia. klo sekarang tembakau TMG ga sejaya dulu. beberapa taon belakangan kurang stabil, terutama karna penentuan harga dr pemborong.. hiks kasian petaninya. kena pengaruh climate change juga. gara┬▓ skrg cuaca brubah┬▓, yg harusnya udah ujan masih panas, yg harusnya panas masih ujan.. taneman tembakau jd turun kualitasnya.

tiga, bakso lombok uleg . nahh ni yg paling M suka. hampir mirip kek bakso kebanyakan sih. bedanya ga pake sambel, karna sebelumnya cabe’ dah dihalusin di mangkok sebelum di tuangin bakso. cabe sesuai selera pembeli. biasanya tanpa mie. bakso uleg pake ketupat dan tahu, sebagian tahunya digoreng dulu dan porsi lebih banyak.. hmm.. nyummy pokoknya.. skrg ni ada lg yg baru. bakso jamur. bahan baksonya dr jamur. ga kalah enak. lebih sehat lg. pak Bondan aja bilang “mak nyusss..” waktu ngicipin bakso jamur ni.. –baru ada satu┬▓nya letak di deket pertigaan Maron Temanggung–

tu td sedikit tentang Temanggung. biar kata ndeso, katrok.. but I luv 2 be tjah Temanggung­čśë

locator_kabupaten_temanggung.png

petanya*tulisan ngutip dikit dr rumah lama

86 thoughts on “eMo dan Temanggung

  1. gununa kembar SOESI emang enak didaki
    (SOEMBING-SINDORO)
    jolali alias jo kelalen
    nyonk cah flat temple alias candiroto merantau nang cikarang

    • wong pikatan…ngirit banyu yo…nek meh adus nangkring ngarep omah…sueger karo maem sayur kenci…lakersss…salam seko cah sroyo bersenyum

  2. aku asli ch temanggung,siki aku merantau ning pulau kalimantan,SEDULUR2 aku jan kangen banget karo kuto temanggung jare pasare barkobong?,mbokdi jogo seng tenanan,temanggung ben tetep berseyum.oke..

  3. aku yo Temanggung Madureso la iki lg merantau jg tap april meh balik kampung..selak kangen..Shem kowe kalimantane endi..aku urip neng pontianak..

  4. aku juga 13 tahun di temanggung tiap denger temanggung anganku melayang 18 tahun yang lalu,
    ak TK pe SMA di temanggung, ak dulu tinggal di kowangan, temanggung tak kan kulupa…..
    salam kenal semua buat anak2 temanggung dan kalo ke solo mampir kerumahku

  5. Salam dari jauh untuk saudara-2 ku di daerah Parakan – Kedu – Temanggung.
    Photo-2 disini menambah kerinduanku kpd tanah tumpah darahku.
    Handoko/Mojotengah/Kedu/Parakan
    Frankfurt – Germany

  6. yo konco konco temanggung sing nang semarang ngumpul ! urun rembug mbangun tanah kelahiran terutama sing wis mulyo ojo lali bali deso bangun desa

  7. aku sering balik temanggung omahku pase ngadirejo kok sedih nonton temanggung saiki ndo bangun omah sak enake, sawah wis dadi omah,wis kroso ora asri maneh piye iki, ayo sing ndo duwe kepinteran lan jabatan urun rembug karo pak bupati,setuju cekat ceket

  8. fuuuuiihhhh jadiii pengen bali neng ngomahhh …Te eM Ghe ..kota penuhhh religius n penyejuk hati di kala sedih dan senang …..salam buat anak Dsn
    khususnya anak KBS pendowo kranggan TMG……n must Tampir kapan nihh..ngendul menehh…? hahahhahaahah….vanzhie the batavia timur metropolitan

  9. saya sangat senang degan kota Temanggung tepatnya di Kaloran/semarang cedhal,salam kangen buat keluargaku yg ada di Semalang.

  10. MESKI AKU JAUH DARI KOTA TEMANGGUNG, TAPI SAYA SELALU INGAT N KANGEN SAMA KOTA TEMANGGUNG….TEMANGGUNG…AKU KANGEN N PENGEN PULANG…..

  11. Smoga Temanggung menjadi dareah yg maju.
    bebes dari kemiskinan,saya sebagai putra temanggung sangat prihatin.
    banyak anak yang gak sekolah.
    banyak orang sakit yang mampu bawa ke rumah sakit karena soal biaya.
    Petani yang didambakan namun sampai saat ini harga hasil bumi khususnya di Temanggung sgt buruk.

  12. nyong asli manggoeng tepate deso mbulu, wolodono, nek seko temanggung kupat tahu batoar menyang parakan tembus soto ani
    mesti lewat mbulu wolodono sing ndisik adem banget whalah saiki suejuk hae ra patio, opo meneh nasipe wong nandur mbako
    wah…..wah jan mesaake, ming di kadhale wae karo tengkulak2 kaki tangani pabrik rokok raksasa sing nduwe gudang nang Pare kae lho, jan melu prihatin nyong, SALAM ENTHO !!!

  13. wah wah meski aku yo gaweane klayaban njajah deso melang negoro, nanging tetep kaloran temanggung sing ndeso n katrok tetep tak kangeni. raono panggonan kang senyaman sakngisore gumuk ranggon. piye bene temanggung muaju poll tapi asrine kejogo? pe er kito bebarengan!!

  14. Aku bangga lahir di temanggung, kota yang bersih,aman,subur& tentram masyarakatnya. Aku tidak akan melupakan kota kelahiranku walaupun aku udah tinggal di kota laen. salam buat semua masyarakat temanggung

  15. kangeeeeeennnn omah aku…nang kene ( kalimantan) kbut asapppppp…mbesesek..
    nek nang temanggung kan kabute embun…segerrrrrr…

  16. Pie to ki koq ra ono cwek seng
    melu nimbrung neng kne
    lo ad tlong di ramber aku yo
    ben q due knaln cwek temanggung.
    Spo rti pas plang kampung
    iso ktmu
    asl mulaku yo ko temanggung tpi lair nang sumatra
    <{{{{=<
    tEmAnGgUnG AKU KANGEN KOWE

  17. aq kangen karo temanggung tepat aq wong jumo kali banger temanggung tambah bersenyum wae tapi tanah kelhiran ku tepate ng deso kali pahing gemawang
    tapi aqlagekk merantoo ng jat ng ciledukk
    ono seng kenal karo keso kalipahing gag

  18. temanggung di DADAKU…padangan TMPT LAHIRKU…slm knggo konco2 kbh seko aq neng denpasar buat temanggung I LOV U FULL n I MISS U ALL …

  19. Aku juga bangga dg Temanggung trcinta..
    Meskipun skrg aku di semarang (unnes)
    tiap bulan pasti pulang, wat menikmati sejuknya k0ta trcinta.
    Salam persaudaraan

  20. ya ampun dadi kelingan nak muni de’e hahah.. mantab deh marai kangen wae komentar2 teman2 semua..
    salam persaudaraan saya dari banyuurip hehhe

  21. aQ pUn gE wAe 1 buLaN nEnG pEkAn BaRu ,
    wEs rinDu bGt mA mAnGGuNg,
    aDeme kArO iNdAe pAriWiSaTaNe iKu SeK jAn NgAnGeNi TeNaN,
    TeMaNggUnG eMg kOtA tErBeRsih,
    aQ cAh GeMaWaNg kiE…
    sEnG jLz aQ kGn kArO oRtU yO iYo , tYuS kArO kOnCo..
    piYe kAbArE kOnCo2 ,
    aPek2 aE tOw..he

  22. enyong melu nimbrung ah.temanggung pancen ngangeni terutama “gimbal”le goreng’enyong lair na karanggedong ngadirejo’ning saiki na yojo,sik kenal po cerak omahku biyen colek enyong yo..

  23. Nyong wong tegalwatu galroso parakan tmg ” pye,,,, pye,,,, tmg te2p bersenyum kan,,,, aq lg neng jambi ki,,,, biasa lg buruh

  24. Yes! Temanggung adlh kota tempat ku lahir temanggung peace n love salam kngen buat sobat2 ku yg lg macol moga tahun ini tembakau laris manis tapi jangan kebanyakan gula ndak ora payu wis sek yo…

  25. temanggung……………te,..em..ge future,….buat kota tmg terkenal dengan karya2 istimewa cah te,em,ge …….jo gor nongkrong neng temanggung tok,……buat tmg lbh maju n makin buat kita kangen kala dirantau,….cah kregan candisari………i hope tmg could be better,…n still cold peace……expecialy 4 nak tmg ……….go ahead!!!!!! cikwas

  26. ijin,,copy foto untuk profpict komunitas mahasiswa FIP UNY asal tmg..
    salam kenal,,
    adhy putri,, puri indah,,manding,,tmg,, omahku sdurunge pom bensin manding nek seko alun2..
    mburi istana keramik persis,,

    salam temanggung bersenyum..
    =^_^=

  27. i love Temanggung very much….., disitu aku dilahirkan, dibesarkan
    aku asli cah Temanggung!!!! I miss you Temanggung… tunggu aku!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s