Mohammad Roem, Nasionalis asal Temanggung

ada yang pernah denger Moh. Roem? mungkin sebagian ada yg familiar ma nama ini. mungkin juga ada yg ga tau. klo yg ga tau, kliatan banget nilai sejarah pas skul ga bagus.. hehe klo gitu sama😀, M ga gitu mudeng ma sejarah, cuman nilainya sering lumayan.. nah ini perlu dipertanyakan.. drmana asal nilai yg lumayan tersebut,,, nyontek kah? ah keknya enggak deh.. dapet contekan sih iya. hehe.. sama aja bin sami mawon😛

oke, kembali ke laptop.. tentang Moh Roem, ternyata eh ternyata.. [ni memperkuat bukti klo kemampuan sejarah M jelek] bahwa beliau ini lahir di Temanggung, tepatnya Klewogan Parakan. 100 taon yg lalu, tgl 16 Mei 1908.

M sendiri tadinya ga tau, sampe kemaren M baca tabloid Stanplat[tabloid komunitas Temanggungan] edisi terakhir – bulan juni , ada profil nasionalis Moh Roem. ya udah kita tau.. sepak terjang beliau di era Soekarno dolo, sikap nasionalisnya yg kuat diimbangi juga dengan sikap religinya yg kokoh. disamping keluarganya yg sangat kental dengan keislamannya, pendidikan beliau juga ga jauh dr nilai keislaman. beliau juga pernah menempuh pendidikan di Belanda di Hollandsch Inlandsche Scholl (HIS)–salah nulis ga yah?

Bersama Agus salim -ahli politik Islam dan diplomat ulung- Moh Roem aktif dalam Partai Serikat Islam Indonesia (PSII). walopun pada akhirnya PSII pecah, mereka berdua tetep bersatu mendirikan Partai Penyadar. mereka meyakini bahwa perlawanan terhadap kolonial kudu dilakukan dengan cara ‘kooperatif’, beda dengan PSII yang ngotot degan radikalisasinya. sebagaimana salim, Roem memilih berjuang dengan jalan damai, tanpa menyalak dan angkat senjata.

M ga tau info banyak soal beliau. ya sebatas yg M tau aja, Roem itu berhasil menunjukkan sebagai seorang nasionalis Islam yang punya cara tersendiri menundukkan culasan tirani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s