Boso Temanggungan

yang paling khas banget. yang Temanggung tulen banget,,,

de’e = kamu, agak kasar. jadi sangat tidak dianjurkan diucapkan oleh orang yang lebih muda kepada yang lebih tua.

mberuh = ga tau. klo bahasa jawa biasanya cuman kata ‘mbuh’ aja. khusus Temanggung tu ‘mberuh’ , singkatan dari ‘mbuh ora weruh’ [=ga tau ga liat] yang artinya i dont know babar blas😀

gigal/gigol = jatuh.

saman [klo yang lebih ‘ndeso akhirannya ‘ng’ jadi ‘samang’] = kamu. lebih sopan dari de’e. singkatan dari ‘sampean‘.

kiye=ini. ya banyak sih yang pake ‘iki’, tapi klo Temanggungan biasanya ‘kiye’😀

trus yang paling khas dari aksen Temanggungan itu adalah penambahan ‘ha’ pada awal kata dalam sebuh kalimat buat penguat.

contoh:

  • “hakok?” =[tambahan ‘ha’ plus kok?]
  • “hamberuh”
  • “ha njuk pie?” = trus gimana?
  • de el el

hehe.. itu aja sih yang M tau [yang m inget pas lagi nulis] yang paling khas dari ‘boso Temanggung’ yang sangat membedakan dari bahasa jawa umum bahkan beda dari aksen Magelang-Wonosobo-Semarang yang sebelahan ma Temanggung dan masih ada banyak kesamaan di vocabnya,

ntar yang kata² khas “Temanggung” yang laen di apdet deh…

33 thoughts on “Boso Temanggungan

  1. tapi tak ada yang bisa menyaingi bahasa banyumasan.,.,.(coba denger orang banyumas bicara bhsa jawa) kebanyakn orang jawa yang ga kenal bhs banyumasan bakal ketawa…..

    sampe skrng orng banyumas ga tau knp logat mereka dia nggap lucu oleh sebagian kaum javanis…

    kalo masih ga pecaya juga,

    pake bhs jawa banyumasan ngomong di komunitas jawa kraton jogja…..
    liat ekspersi pendengarnya…..

  2. saya punya sodara di temanggung, bahasanya jawanya agak beda (maap saya ga bisa bahasa jawa), tapai saya bisa bedain ama bahasa yang biasanya.

    kok logatnya hampir kayak banyumasan yah, apa satu rumpun? hehe

  3. wahhh nambah pengetahuan….sodaraku banyak di wsb, tetanggaan kan sama temanggung…hehe, aku paling suka kalo lewat temanggung, view nya dahsyat! apalagi kalo mulai turun kabut..ahhhh jadi kangen pengen mudikkkkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s