Olahraga Parkour

pencinta film heroik? batman, spiderman,ato jackie chan? kadang kita punya impian bisa kek sang pahlawan yang jago mengolah fisik hingga bisa berduel ma lawan-lawan maen dengan lincah plus lihai..kadang jadi mikir, hal kek gitu imposibel buat kita. nahh.. imposibel, kata yg wajib dihindari ternyata.

kebetulan beberapa waktu lalu, M dirumah lagi mau maem..jalan dari ruang makan, M liat adek M lagi asik banget didepan kompi.. ngliat sebuh video “film opo kui yu’?”, yu’ bilang tu bukan film , suruh liat aja dulu.

hmm..keren.. orang lari ma loncat bisa secepet itu..tepat, ga pake jatoh², trus lompat² gedung tinggi..nurunin tangga, naekin tembok…loncat dari satu gedung ke gedung laen yg tinggi en jaraknya bujug dah,.pure tanpa pengaman.

kirain itu adegan film, yg pake trik kamera ato rekayasa yg diperanin beberapa stuntman. ga taunya itu asli, beneran, en nyata. oleh satu orang. dan gerak² kek gitu ternyata ada namanya : PARKOUR.

sumpah baru tau. kuper. en i’m fallin loph..

kebetulan..besoknya M liat ada tayangan parkour -tapi dikit- di acara Surat Sahabat Trans TV. M langsung tertarik dan penasaran banget sama olahraga ini. ya kalo buat ikutan loncat² yg kek gitu sih M hmm.. kurang yakin hihihi.. tp kan ngeliat tu keren banget. jadi pengen tau lebih banyak. eh tapi sapa tau M samdei bisa kek gituan.. jd spiderwati.. kekekek

dan pas M udah bisa onlen nih..langsung deh..search² tentang olahraga ini. dari mulai artikel, gambar, dan yg pasti pidionya [padahal adek M dah punya banyak].

dan…dari banyak source yang M baca, yang paling bagus dari situs ini : www.parkourgeneration.com , dan yang dari dalam negeri ada www.parkourindonesia.web.id .cukup dengan dua situs tadi udah cukup bikin M langsung jatuh cinta sampe klepek², persis banget kek dulu M langsung tanpa dinyana jatuh cinta sama jazz.:mrgreen:

M jadi lebih ngerti tentang parkour plus dengan pemahaman en filosof²nya. hasilnya… wow! ini baru yg namanya te-o-pe be-ge-te.

olahraga yang emang lom gitu familiar ini [*ato kali Mnya yg kuper -lagi²-*] awalnya cuman sekedar pelatihan ‘underground’ yang kemudian jadi booming dan langsung berkembang pesat keseluruh dunia, termasuk di Indonesia. -tp M lom dapet info kapan tepatnya parkour masuk di Indonesia-

Arti Parkour sendiri adalah bergerak atau berpindah tempat dari point A ke point B seefisien dan secepat mungkin yang menggunakan prinsip dari Parkour dengan mengedepankan keindahan bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri *) mirip kayak yg didefinisikan oleh wikipedia :

Parkour (Kadang-kadang disingkat PK) atau l’art du déplacement (Seni gerak) adalah aktivitas yang bertujuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, dengan efisien dan secepat-cepatnya, menggunakan prinsip kemampuan badan manusia. Itu berarti untuk menolong seseorang melintasi rintangan, yang bisa berupa apa saja di sekitar lingkungan dari cabang-cabang pohon dan batu-batuan hingga pegangan tangan dan tembok beton yang bisa dilatih di desa dan di kota. Atlit-atlit Parkour dikenal sebagai “Traceurs,” atau “Traceuses” untuk perempuan.

yang bikin M terkagum-kagum adalah, ga cuman kelincahan para traceur ato treceuses yg M liat di pidio aja.. tp juga pas M baca² artikelnya. ternyata olahraga yang dikenalkan oleh David Belle asal Perancis ini ga cuman sekedar olahraga loncat sana-sini yang ga jelas. ato olahraga yang ditekuni untuk kemudian dikompetisikan diajang kejuaran demi meraih kemenangan [ato bahkan kepopuleran], no no no.. bahakan prinsip yang ditulis di sini… bahwa parkour ANTI KOMPETISI [pas baca kalimat ini M udah mbathin : HEBAT!].

Kami percaya motivasi untuk latihan [parkour] selalu harus datang dari dalam hati seorang.
Kita bekerja keras untuk menjadi lebih kuat untuk diri kita dan orang lain, bukan untuk berkompetisi melawan orang lain, melainkan berlatih bersama dan membantu orang lain.
Karena itu kami menolak dan tidak memperdulikan segala jenis persaingan di antara sesama traceur atau sesame manusia lain. Kami menghargai hormat mutual dan solidaritas untuk terus berkembang sebagai individu dan sebagai komunitas.

Kami percaya bahwa akan tidak sesuai dengan philoshopy parkour untuk berkompetisi dan memenangkan hal-hal yang bukan bagian dari nilai-nilai moral dalam parkour. Hal-hal seperti medali, hadiah-hadiah, ranking, piala, uang, popularitas, penghargaan, atau glory. Termasuk hal seperti cari-cari perhatian orang [hanya untuk menunjukkkan bahwa anda punya kehebatan].

Daripada itu, kami lebih mencari hasil dari apa yang kami lakukan. Hasil yang tak ternilai dan bermanfaat. Kami juga mencari manfaat-manfaat dari Parkour yang bisa kami bagikan.
Kami adalah pemberi bukan penerima [pengambil].

bahkan si David Belle sendiri ga suka banget sama traceur yang belajar PK untuk jago²an, cari perhatian, gaya²an ato memanfaatkan untuk popularitas dan nyari keuntungan. Parkour itu diajarkan atas dasar kerendahan hati. di aplikasikan untuk pertahanan diri dalam situasi tak terduga dan nolong orang laen. lagi² M kudu nyontek ngutip :

Terhadap olahraga yang di ciptakannya, David memang menanamkan nilai-nilai moral yang seperti “melawan arus”. Misal, baginya parkour adalah sebuah sarana pertahanan diri untuk keadaan tidak terduga. berbeda dengan ilmu bela diri yang berlatih untuk bertarung (fight), parkour adalah suatu latihan untuk kabur (flight). Argumentasinya, pada situasi tertentu, setiap orang berhak menentukan tindakan terbaik bagi dirinya. Sedangkan filosofi sesungguhnya, solusi kita harus terus bergerak.

udah 3 hari ini M onlen dari pagi sampe sore cuman nyari tau tentang PK ini. sampe² M lupa klo ada postingan di MP ada yang kudu M apdet. hihi. tp gapapa… hasilnya M punya banyak pidionya. asekkk dan M mulai sedkit paham apa itu parkour.

walopun M belom nyoba memulai latian parkour..tapi dengan baca² tadi M udah bisa ‘ngambil’ manfaatnya, yaitu pemahaman filosofi yang diajarkan.. bahwa apapun rintangan dan halangan yang kita temui dalam hidup -bahkan tak terduga- harus kita hadapi dengan tepat dan pake tindakan yang terbaik. dan satu lagi adalah nilai “KERENDAHAN HATI” yang dari dulu M pengen sekali kuasai… hihihi

ok.. mungkin bagi yang udah banyak tau..mohon pencerahan en bantuan, kita sharing²an info..soalnya suerr M lagi interest banget nih..

en buat yang blom tau..moga apa yang M tulis tadi mayan nambah info[walopun masih seuprit doank😀 ].

klo mo tau lebih banyak.. masuk aja ke situs tadi. ato liat pidio²

di bawah

pidionya

keren kan…

ini lebih keren lagi

mo liat aksi para ceweknya?

*)http://www.parkourindonesia.web.id/artikel/definisi-parkour.html

31 thoughts on “Olahraga Parkour

  1. Aku suka banget olahraga ini, soalnya bener-bener free and easy! Jadi pengen traceur yang kayak di Yamakasi ituh… Keren abisss!😆

    eMo : gie ikutan juga? keren klo dah bisa jd traceur yg jago

  2. halo M! kalo pengen lebih jelasnya langsung aja ke forum PKID (Parkour Indonesia) di http://www.parkourindonesia.web.id/forum
    semuanya ada disitu lengkap mulai dari knowledge+philosophy buat fondasi paling dasar latihan parkour, sampe ke jadwal latihan.. monggo tinggal di cek tempat latihan terdekatnya dimana..🙂

    eMo :iyah… M dah ngintip² juga disitu hihihi.. salam kenal kang… thx for dropping by, seneng deh..

  3. hmm… Salam kenal buat M

    kenalkan… Saya Fadli Moderator Forum Parkour Indonesia, cabang regional Jakarta.

    Saya sangat senang jika kamu udah mulai mengerti dan kenal parkour sampai filosofinya….

    jarang sekali org memperhatikan filosofi dari parkour itu sendiri. Two thumbs up for you.

    Ada lima hal sikap yang kamu harus tekuni dalam diri.
    Sabar, Berani, Percaya Diri, Kontrol Emosi, Rasa Hormat kepada siapa pun.

    Btw, kamu tinggal di kota mana….?

    eMo :salam eknal juga kang fadli.. makasih dah mampir
    ya sebenrnya karna filosofinya itu yg bikim M minat banget. ya moga aja M bisa menekuni 5 sikap tadi hehe

    M tinggal di temanggung, dr sini klo mau latian yang deket ya dijogja. 2 jam perjalanan huhuhuhu,,

  4. to M :

    wah klo baca dr blog nya, tertarik bgt ma parkour ya?
    klo pgn tau lbh dlm lg ttg parkour, ikut aja latiannya.
    kita udh ad jg kok yg ce ikut parkour, ad 3.

    setauku klo dimagelang blm ada, tp klo ank magelang ikut parkour jogja ad 3.n salah satunya ce.
    M kuliah di mana ?
    klo kul dijogja, datang aja di Jadwal kita latian di Thread Jamming Session Jogja.
    nannti kita bimbing dah !

  5. Ping-balik: Investasi Leher Keatas « ..cah Temanggung tuleeennnn..

  6. slm knal m..
    aku mhsswa djogja..
    m, aku maw tanya..
    parkour djogja alamat nya dimana??
    cz ktnya lat di UGM tpi waktu aku ksana koq da gX ada..
    tlong informasinya..

  7. Ping-balik: Parkour, Buat Hidupmu! « BLOGIE

  8. pengetahuan yg sangat dibutuhkan nih…
    biar ga ketinggalan zaman…
    biar dibilang gaol dunk,sedikit banyak mesti tau tentang olga parkour..
    Parkour memang sedang ngetrend di luar sana…

    posting trus hal seperti ini mas ;))

    salam kenal ya mas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s