Lomba Menulis Pelajar.. [Don’t Miss IT!!]

adek² ku yang kali baru aja nggarap ujian… daripada deg²an nunggu pengumuman, mending ikutan lomba ini. ato adek² yg lagi ga ujian, sambil nunggu ujian semesteran, ato kakak² yg punya adek smp ato sma, yg ga punya adek mungkin punya sodara ato sepupu yg masih sekolah, ato bapak-bapak ibu² yg pengen anaknya tambah pinter dan kreatif.. jangan lewatkan moment perdana dan special dari Pendekar Tidar ini yaitu LOMBA MENULIS PELAJAR sekarisidenan Kedu.

Lomba nulis? Nulis apaan? Puisi, cerpen, dongeng, ato nulis uneg²? Hehehe.. sabar… M jelasin dulu informasi lengkapnya…

Dalam rangka memperingati HUT ke-1 Komunitas Blogger PENDEKAR TIDAR Magelang dan memperingati Hari Pendidikan Nasional 2010, Komunitas Pendekar Tidar menggelar Lomba Menulis untuk Pelajar se-eks Karesidenan Kedu dengan tema ”Dengan Menulis, Mengenal Kearifan Lokal Lebih Dalam”.

Maksud dan Tujuan

  1. Meningkatkan minat menulis pada kalangan pejalar;
  2. Meningkatkan minat membaca pada kalangan pelajar;
  3. Membagi pengalaman dan pengetahuan tentang potensi daerah masing-masing;
  4. Mengetahui, menggali dan mengenal potensi serta kearifan lokal yang belum banyak diketahui oleh publik;
  5. Meningkatkan ketrampilan kepenulisan sesuai dengan aturan tata bahasa(Ejaan Yang Disempurnakan).

Tema dan Sub Tema Penulisan

Tema : “Dengan Menulis, Mengenali Kearifan Lokal Lebih Dalam ”

Sub Tema (kategori) :

  1. Alam, berkenaan dengan kondisi dan situasi alam, baik mengenai wisata alam yang terpendam, kondisi lingkungan hidup yang ada, produk atau sumber daya alam potensial, serta kondisi pembangunan kawasan setempat.
  2. Sosial-Budaya, berkenaan dengan budaya yang ada di kawasan masing-masing, seperti kesenian, seni kerajinan rakyat, tari-tarian, adat istiadat atau upacara-upacara adat, serta berbagai aspek kehidupan social kemasyarakatan.
  3. Kuliner atau makanan khas setempat.

Trus sapa aja yg boleh ikut nih? Pokoknya sapa ajaa dehhh… tapiii… harus masih sekolah SMP ato SMA. Lhoh, katanya sapa aja kok cuma SMP SMA? Kan ini judul lombanya lomba menulis pelajar, sayaang…. Mudeng tho… any questions?

Iya dong… yg paling penting, hadiahnya apa aja mbakyu,,?

Wuih,,, buanyakkk… ada trophy, ada flashdisk, ada sangu, ada kaos, banyak deh.. dan semua pemenang pasi dapet sertifikat,.. asik tho? Enak tho? Mantep tho? Eh tapi ojo njaluk gendong…😛

Nah,… klo pengen ikutan.. ndang nulis..santei aja.. masih sampe tgl 30 April  2010 kok,. Cuman nulis selembar pasti gampang dong.. sapa tau menang dan dapet hadiah.. bu guru senang bapak ibu bahagia…hehe… ntar klo menang bakal diumumin tgl 9 Mei 2010, sekaligus memperingati Hari Pendidikan.. [yang penting masih awal² Mei hehe]

Nah.. ada tips biar menang nih. Nulisnya sih bebas,.. tapi biar oke dan jurinya seneng… harus sesuai ketentuan,,,  nah ketentuan , syarat², ma penilainnya sebaga berikut ini cah²,, :

Teknis Pelaksanaan dan Syarat-syarat:

  1. Setiap peserta akan membuat sebuah tulisan yang menceritakan tentang “kearifan lokal” di daerah tempat tinggal mereka, sesuai dengan sub tema atau kategori yang diminati.
  2. Hasil membaca, pengamatan, pengalaman, dan investigasi tersebut dituliskan sepanjang maksimal 2 halaman kertas ukuran A-4 dengan huruf Times New Roman berukuran 12, spasi 1,5, dengan batas tepi adalah 3 cm (kanan, kiri, atas, bawah).
  3. Tulisan menggunakan bahasa Indonesia yang harus disesuaikan dengan kaidah bahasa baku.
  4. Hasil tulisan disampaikan kepada panitia melalui email lomba@pendekartidar.org, serta dapat juga melalui pos. Tulisan yang dikirimkan melalui pos dikirimkan kepada panitia dengan alamat sebagai berikut:

Panitia Lomba Menulis untuk Pelajar se-Eks Karesidenan Kedu:

a. Sekretariat I – Komunitas Pendekar Tidar

c.q. Nanang Triagung Edi H

Jln. Pahlawan No.134(Belakang POP FM), Gg Peniten, Potrobangsan, Magelang; atau

b. Sekretariat II – Komunitas Pendekar Tidar

c.q. Rokhmad Munawwir

Kantor PATTIRO Magelang, Dsn Ngentak, Sawitan, Mungkid, Magelang.

  1. Tulisan disertai dengan data diri peserta(nama, ttl, alamat, NIS, asal sekolah, alamat sekolah, email/nomor hp);
  2. Khusus tulisan yang dikirimkan melalui pos, dibuat rangkap 2 (dua). Satu asli dan satu fotokopi untuk memudahkan proses penjurian.
  3. Setiap tulisan yang diikutkan lomba akan menjadi milik panitia dengan hak cipta tetap pada peserta.
  4. Informasi lengkap website http://www.pendekartidar.org

Penilaian

Hal-hal yang akan dinilai dalam lomba ini adalah :

  1. Orisinalitas tulisan;
  2. Penggunaan tata bahasa baku;
  3. Validitas data dan informasi yang disajikan sebagai bahan tulisan;

Santei aja… insyaallah penilaian adil kok, palagi jurinya keren²..yaitu dari  AGUPENA sama Blogger² yg pinter².. makannya jangan nyesel klo nggak ikut… kita kan sekali jd pelajar sma/ smp, jadi ini kesempatan emas buat nunjukin bakat dan kreativitas kamu… jangan kalah sama sekolah laen.. biar kesempatan menang lebih banyak.. boleh nulis lebih dr satu kok… [eh boleh gat ho mas mbak panitia? Boleh tho?] klo nggak boleh.. tenang aja… ntar diem² tak tembungke boleh.. yg penting sekarang kalian pada nulis dulu sana… ntar jangan lupa langsung dikirim ke alamat yang udah disebutin di atas.. oke oke oke…!!!

Eh ya.. yg ga bisa ikutan lomba ini.. tenang aja… santei aja.. ga usah kecewa.. ga usah mutung gitu.. sapa aja boleh kok ikut meramaikan dan berpartisipasi… dengan caraaaaaaaa…. Ya ehm ehm.. kalo bisa bantu demi kelancaran lomba ini lah.. hehehe maksud dong…. Kita akan dengan ikhlas menerima kok..  segala macam bantuan asal bisa ikut melancarkan acara sangat kita bisa sekali terima hihihi.. insyaallah ntar dapet reward dari Yang Maha Kuasa karena amal kalian yang ikut mencerdaskan anak bangsa. Amin..😀

13 thoughts on “Lomba Menulis Pelajar.. [Don’t Miss IT!!]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s