Setaon Pendekar Tidar

Wah..mohon maap sedulur² semua.. terutama sedulur Pendekar Tidar  karena reportnya mungkin telat.. [kui wae nek ono sing ngarep² hihi], wes seminggu lalu HUTnya.. wes suwi juga ga posting.. kok ya baru sekarang laporannya.. gapapalah.. mending daripada ga sama sekali tho?

Begini.. melanjutkan refleksi pendekar tidar yang udah di posting saudara saya Nahdi di portal Pendekar Tidar, tentang perjalanan dan ambalwarso Komunitas Blogger Magelang bernama Pendekar Tidar, dengan umur satu tahun banyak yang sudah kita lalui.. baik suka dan duka, havefun.. dan seru pokoknya..

Kilas balik aja selama setahun, sejak ‘kelahiran’ pendekar tidar 11 April lalu, pada hari itu juga, Pendekar Tidar langsung menyusun program kegiatan yang pertama yaitu mendirikan perpustakaan desa di dusun Ngampon.

M inget banget, hari itu.. pas kita kangsenan untuk kopdar perdana di tengah ringin alun² jebul kok suasana alun² super duper rame ternyata eh ternyata.. kok ya ngepasi pas ultahnya kota Magelang… jian pass banget, secara diantara kita² yang dateng ga ada yg ‘ngeh’ bakal ada rame² ditempat dimana kita janjian.. jadi waktu itu M sempet dibikin bingung nyari ‘tongkrongan’ kopdar perdana tersebut.

Begitu ketemu langsung deh membaur dan kita langsung berkenalan satu sama lain dan membahas program kegiatan mendirikan perpustakaan tadi. Dan sejak pertemuan pertama kali itu, beberapa kali kita melaksanakan kopdar di alun² magelang, membuat portal, menentukan sekretariat dan tentunya pembentukan struktur organisasinya.. [semuanya udah di’abadikan’ dalam postingan² di portal]

Trus, program selanjutnya, kita mendapat undangan wisata blogger di Wonosobo.. wow asik banget.. gratisan dan seru karena komunitas kita akhirnya dipertemukan dengan komunitas² bloger yang laen. So much fun.

Event berikutnya yaitu peresmian perputakaan desa di Ngampon.. sayangnya M berhalangan buat ikut..hiks.. tapi yg penting M udah ikut berpartisipasi nyumbang beberapa buku dan majalah anak.. [buat yang pengen bantu juga, boleh ngumpulin buku² bekas ke kita, pasti manfaat lho]. Setelah itu..kita juga pernah mengadakan buka bersama di Polengan dan pemutaran film buat anak² di kampung sana..

Pas lebaran, kita juga mengadakan syawalan yang kebetulan dilaksanain dirumah M di Kedu. Event² selanjutnya kita mengadakan program pelatihan bloger dan internet ke sekolah² baik pelatihan buat siswa maupun guru. Pernah juga mengadakan ‘lek²an’ bareng di Pattiro Magelang..diskusi sampai malem..

Dan sekarang, Pendekar Tidar sedang disibukkan dengan gelaran event yang mau dibikin yaitu lomba menulis pelajar dan seminar buat para guru. Alhamdulillah acara lomba sudah mulai jalan tinggal menunggu penjurian dan pengumuman. Tapi selama proses pelaksanaan persiapan lomba dan seminar ini, mulai muncul ‘kelesuan’ diantara bala tidar, yang bersemangat hanya beberapa bala saja.

Beberapa memang agak mengeluhkan temen² yang agak kendur.. M sih menilainya semua dari kita sendiri… apa yang ingin kita lakuin kan balik ke niat di diri kita. Sebenernya sih.. apa yang sudah kita lakukan udah sangat baik kok, M inget berawal dari salah satu anggota baru [guwikhwan] yang notabene seorang pelajar dia ngasih usul buat kita bikin lomba.. dan nyatanya kita wujudin keinginan bala satu ini, itu artinya kita sudah hebat.. walau memang dalam pelaksanaan kita menemukan kendala disana-sini, dan itu hal yang wajar, apalagi ini merupakan pengalaman pertama buat kita.

Kalau misalnya kita ngerasa ada beberapa yang ‘kendur’ ya bukan berarti mereka nggak mau ikut ‘tandang’ sapa tau aja mereka banyak pekerjaan, ada sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan atau hal lain yang membuatya kurang bisa seaktif yang lain, bukan berarti semangat berkomunitasnya kurang [ya.. lagi² M berusaha positif thinking aja] soalnya klo itu M kembalikan sama diri sendiri.. M jg kadang ngerasa gitu..ketika ada acara pendekar tidar M ga bisa hadir..bukan berarti M ga mau ato males.. tapi memang ada hal yang ga bisa ditinggalkan. Apalagi kepentok jarak Magelang-Temanggung. Tapi M usahain seoptimal mungkin untuk bisa slalu hadir…walo korupsi waktu kerja dikit karna datengnya molor..hehe

M sendiri ga mau kita seolah² kayak ‘menuntut’ komitmen temen yang lain padahal kalo nengok kebelakang.. komunitas kita ini komunitas yang terbuka buat sapa aja.. dan keanggotaannyapun ga terbatas.. [bahkan anggota batitapun ada :D] dan M yakin semuanya ga ada unsur keterpaksaan [mungkin sedikit unsur rayuan hehe] karena memang kita ga memaksa siapapun untuk bergabung.

Nah ga ada unsur keterpaksaan gabung ini.. dan sejauh ini udah ada 30 lebih anggota yang terdaftar.. harusnya kita ikut berbangga, karena komunitas kita tetap eksis dan mencoba untuk slalu lebih baik. Makanya, kayaknya kok ‘wagu’ kalo kita harus memaksa² yang lain untuk aktif ato harus ngerjain ini gerjain itu. Walo memang kita harus sama² dalam suka.. dan sama² dalam duka..

Semua kembali ke komitmen masing² pribadi. Walo nggak ada unsur keterpaksaan, tapi komunitas kita punya visi dan misi, punya program.. semuanya dikerjalan dan dijalankan bersama².. harusnyaitu jadi kesadaran pada siri sendiri untuk terdorong mensupport semua yang sedang kita kerjakan. Lagian thoh, tanpa harus cawe², ntar bakal kliatan sendiri kok karakter masing² dari kita.. hehe..

Lepas dari itu semua.. M sebenenya sudah sangat salut dan berbangga dengan komunitas kita ini. Inget ga, setaon lalu..kita tu ga saling kenal.. ketemu muka aja enggak.. paling beberapa tau dari blogwalking.. dan sekarang kita udah jadi satu tim, ngumpul bareng, makan bareng, tidur bareng [hehe jangan bayangin yg nggak²], pokoknya ga hanya sekedar berteman, tapi juga bersodara, seperti tagline komunitas kita PASEDULURAN TANPA BATAS. Indah sekali bukan?

BUJUUUGGG.. NULISNYA PUANJAANG BANGETTT,,, DAH GT LAPORAN HUT MAGELANGNYA GA ADA.. :p

potonya aja ya..

HUT Magelang *bajak tanpa ijin dari FBnya mas yudha*

gethuk'an yg seringnya wedhok dewe.. ayo temen² wedhok...metu😛 *foto masih bajak*

4 thoughts on “Setaon Pendekar Tidar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s