A to Z SOLO

Ajiiib

SOLO

Kata ajiib penulis kenal dari salah satu program acara di stasiun swasta yang dipandu oleh Fauzi Baadilah. Presenter ini mengunjungi tempat-tempat unik.,mengenal budaya dan potensi di tempat tersebut sekaligus mencicipi kuliner-kulinernya yang ada. Dan tiap kali menemukan sesuatu yang menurutnya asik, enak, amazing… ungkapan yang keluar adalah ‘ajiiib’. Ungkapan itu yang penulis lontarkan ketika mendatangi kota Solo ini.. AJIIIB,,,!!

Batik

batik

Kain yang merupakan kerajinan tradisional dari jaman dulu ini memang tidak bisa dilepaskan dari kota ini yang merupakan salah satu kota ‘sumber’ batik. Batik Solo mempunyai keistimewaan pada motif yang masih mengandung unsur tradisional seperti Sidomukti, Sidomulyo, Sidoluhur. Untuk pusat batik sendiri di Solo tersebar luas, baik di pasar-pasar solo ataupun di kampung-kampung batik.

Bengawan Solo

susur bengawan

Mungkin dari dulu, Sungai Bengawan Solo inilah yang jadi simbol kota Solo atau Surakarta, yang juga merupakan sungai terpanjang di pulau Jawa. ‘bengawan’ sendiri artinya adalah ‘sungai yang besar’. Sungai ini panjangnya sekitar 548,53 km, dan mengaliri dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. dan merupakan salah satu objek wisata favorit pengunjung Solo.

Culture

budaya

Solo, seperti halnya Yogyakarta, adalah merupakan kota besar yang modern tapi tetap melestarikan budaya, yaitu budaya jawa. Nuansa jawa di Solo sangat kental, dari mulai bahsa sehari-hari, berpakaian batik, mendenangkan lagu-lagu campursari dan keroncongan, membuat kota Solo menjadi kota yang berciri khas budaya Jawa.

Delman

pedati

Delman adalah alat transportasitradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. Variasi alat transportasi yang menggunakan kuda antara lain adalah Kereta Perang, Kereta Kencana dan Kereta kuda. Ditemukan oleh orang Belanda bernama Charles Theodore Deeleman. Kendaraan tradisional tersebut belum punah di kota Solo, bahkan kemarin penulis ketika pulang dari acara Kopdar Bloger sempat menemukan Pedati, kendaraan yang ditarik Sapi, dijalan raya pula.

Famous

Siapa sih yang tak kenal Solo. Dalam kancah Domestik kota ini termasuk jadi salah satu destination  di Jawa tepatnya kota Jawa tengah untuk berwisata. Selaen penuh dengan fitur dan peninggalan sejarah, juga kaya akan budaya, dan kuliner yang sangat khas dan digemari.

Galabo

galabo

Gladak Langen Bogan (Galabo) adalah salah satu andalan wisata kuliner Solo yang diresmikan pada hari minggu (malam) tanggal 13 April 2008. Galabo yang dibuka pada saat malam hari ini terbentang sepanjang jalan depan Pusat Grosir Solo dan Beteng Trade center tepatnya di jalan Mayor Sunaryo. Makanan yang tersedia adalah bermacam-macam termasuk makanan khas tradisional Solo seperti sate kere, thegkleng, timlo, dan lain-lain. Setiap malam dikunjungi sekitar 1500-2000 orang dan lebih untuk hari sabtu minggu dan hari-hari libur. Dan hei blogger… udah ada hotspotnya lho…

Gesang

gesang

Siapa sih yang tak kenal sosok Gesang. Beliau adalah pencipta lagu keroncong Bengawan Solo, yang cukup fenomenal. Bahkan cukup familiar juga dimanca negara. Lahir pada tgl 1 Oktober 1917 dan meninggal sekitar bulan lalu tepatnya pada hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2010. Lagu Bengawan Solo sendiri sudah diterjemahkan dalam 13 Bahasa termasuk Inggris dan Jepang. Jadi bisa dikatakan beliau merupakan pahlawan Indonesia dan Kota Solo khususnya karena telah mengangkat nama Indonesia dan Solo juga musik keroncong. Beliau juga menciptakan banyak lagu, salah satu yang terkenal adalah jembatan merah yang dijadikan sebagai salah satu Lagu Wajib Nasional.

HIK, hidangan istimewa kampung

Hik (dibaca seperti pada kata edan) adalah aronim dari Hidangan Istimewa Kampung. Merupakan nama khas yang hanya ditemukan di Kota Solo. Di Jogja dikenal dengan nama angkringan kalau di Magelang disebut dengan Kucingan. Makanan khasnya adalah Sego kucing, adalah nasi bungkus dengan lauk bandeng plus sambel beserta aneka macam makanan ringan.

Istimewa

Kuliner , jelas kaya –dan tentunya enak²-. Budaya, jelas kental.. dari bahasa, tarian, upacara, sampai pakaian. Peninggalan sejarah, sebagian besar tempat-tempa di Solo mengandung nilai histori tinggi, baik pada masa kerajaan dulu atau pada masa penjajahan. Obyek wisata, banyak, mau ‘numpak prau’ di bengawan solo? melihat curug di Taman Satwa Taru Jurug (TSTW), atau menunjungi keraton? Dan cuma Solo yang merupakan kota dengan dua nama yaitu Solo dan Surakarta. Jadi.. kalau yang ga setuju Solo itu kota istimewa ada nggak nih?

Java’s spirit

the spirit of java

Pemerintah Solo memberikan Slogan untuk kotanya sebagai The Spirit of Java, slogan tersebut mempunyai makna mendalam akan akar buadaya, seni, dan sejarah kota Solo dan merasa sebagai ‘Jiwanya Jawa’. Dan ketika anda mengunjungi kota ini.. rasakan suasananya yang benar-benar ‘njawani’, maka pantas mereka menematkan slogan Spirit of Java tersebut.

Keroncong

keroncong

Keroncong memang merupakan musik khas yang dimiliki Indonesia, tapi musik ini sangat berkembang dan masih akrab sekali di telinga warga solo. Karena memang warga disini masih sangat menghargai dan melestarikan musik keroncong. Bahkan tokoh keroncong terkenal, Alm. Gesang lahir di kota ini.

Laweyan

Laweyan adalah satu kampung sentra batik di solo.  Selain penjadi pusat pembuatan batik asli kota solo, kampung ini juga sarat dengan peninggalan sejarah yang berharga. Struktur-struktur bangunan pada kampong inipun cukup unik. Dengan tembok-tembok yang menjulang tinggi seperti beteng, dan jalan-jalan sempit dan rumah yang rapat terkesan seperti rute labirin yang sengaja dibangun pada masa penjajahan dulu untuk menlindungi diri dan juga mellawan para penjajah. Juga terdapat bunker dalam rumah sebagai tempat persembunyian.

Karena merupakan sentra batik, maka disepanjang kampung ini banyak sekali ditemukan showroom batik berkualitas tinggi. Di Laweyan ini juga terdapat Masjid Lawejan yang  merupakan masjid pertama di Kerajaan Pajang, dan dibangun pada masa Djoko Tingkir sekitar tahun 1546.

Mangkunegaran

mangkunegaran

Istana mangkunegaran merupakan kraton pada masa Mangkunegoro tepatnya dibangun pada th 1757.  Terdiri dari pamedan [lapangan], pendopo agung, ndalem ageng, dan masjid Mangkunegaran. Dan di istana tersebut terdapat benda-benda kesenian dan budaya serta pusaka-pusaka peninggalan kerajaan Majapahit dan Mataram.

Ngarsopuro

ngarsopuro

Kota Solo benar-benar menjadi kota yang tak pernah tidur terlebih dengan adanya pasar malam Ngarsopuro. Area yang kini sudah tertata rapi sangat memikat para masyarakat dan pengunjung luar kota. Didirikannya Night Market ini tentunya banyak yang berharap dapat mengingkatkan ekonomi kota dan memajukan wisata kota Solo.

Oldies

Di kota solo, budaya modern dan budaya leluhur berdampingan secara harmonis bahkan saling berkolaborasi. Jadi walaupun Solo bisa dikatakan kota besar berskala nasional-internasional, tetap terasa kental budaya dan sejarahnya tanpa menimbulkan kesan ‘kampungan’ karena mampu sejajar dengan budaya modern, jadi malah eksan yang muncul adalah ‘elegan’.

Pandawa Waterboom

pandawa

Waterboom merupakan wisata air yang belakangan ini banyak berkembang dikota-kota yang ingin memajukan potensi wisatanya. Dan Waterboom terbesar se-JAteng-DIY ada di kota ini, namanya Pandawa Waterboom. waterboom ini memiliki berbagai macam wahana dan permainan air yang seru. cocok sebagai tempat liburan keluarga.

Pecel

Saladnya jawa nih… sayur mayur lengkap rebusan, ditaburi sambel kacang, dilengkapi sama peyek atau kerupuk gendar. Nyam-nyam… makanan seperti banyak banget ditemui di Solo.

Quality

Penataan kota yang mulai rapi, sumber daya manusia yang semakin maju, produk-produk karya masyarakat yang terjamin, tempat-tempat kunjungan yang potensial, tak memungkiri kota Solo menjadi salah satu kota Indonesia yang High Quality.

Rejeh=rame

Solo Batik Carnival

Ketika siang menjadi kota yang sibuk dengan berbagai macam aktifitas masyarakat dan banyaknya pasar dan mall yang berdiri, ketika malam menggeliat menjadi tempat wisata kuliner dan tongkrongan yang asyik. Dan akhir² ini dan untuk beberapa waktu ke depan solo mengadakan berbagai event besar seperti Solo Batik Carnival, festival kraton dunia, termasuk  Sharing Online lan Offline / kopdar raya para bloger..hehehehe..

Serabi

serabi solo

Srabi Solo atau Serabi Solo adalah sebuah makanan ringan ala Solo, Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang mirip pannekoek atau pannenkoek. Srabi adalah jajanan khas dari Solo yang terbuat dari santan kelapa dicampur dengan sedikit tepung, yang menjadikannya bercitarasa gurih. Biasa juga diberi taburan berupa potongan pisang, nangka atau bahkan meses dan keju bila suka.

Timlo

timlo

Timlo solo adalah hidangan berkuah bening yang berisi sosis ayam yang di potong-potong, telur ayam pindang dan irisan hati ayam plus ampela ayam. Makanan ini sangat khas dan populer sekali di kota Solo, mungkin ini yang menginspirasi Band asal Solo menjadikan makanan ini jadi nama band tersebut😀

Unggah-ungguh

Unggah-ungguh atau tata krama dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai sopan santun. Ungah-ungguh warga asli Solo dari dulu terkenal sebagai pribadi yang lembut dan sopan. Tata krama yang diwarisi dari jaman leluhur masih diaplikasikan sampai sekarag seperti adab berbicara, adab bertamu, dan lain-lain. Tak heran warga solo dikenal sebagai warga yang sangat menjunjung tinggi nilai sopan santun.

Visit solo

Solo telah tumbuh menjadi daerah tujuan wisata baru di Indonesia. Bukan hanya karena kekayaan masa lalu yang mempesona, namun masa depan yang menjanjikan. Solo terus menggeliat menjadi kota tujuan baru bagi pertemuan-pertemuan penting, baik berskala nasional maupun internasional.

Wayang

wayang

Wayang merupakan seni tradisional asal Indonesia asli yang berkembang khususnya di Pulau jawa dan bali. Jenis-jenis wayang yaitu wayang orang [dimainkan orang yang berkostum], wayang kulit yang dimainkan dalang menggunakan boneka-boneka wayang kulit,dan wayang golek, seperti wayang kulit hanya yang dimainkan adalah boneka dari kayu yang diberi kostum. Di solo seni wayang masih lestari, tak hanya pagelarannya tapi juga pernak-pernik yang berhubungan dengan wayang dapat kita cari dengan mudah. Salah satunya pada acara Solo Batik Carnival banyak dijual boneka batik wayang, untuk mengenalkan budaya batik dan wayang sebagai seni leluhur asli Indonesia.

Wedangan

Wedangan merupakan salah satu tempat bersosialisasi masyarakat Solo. Biasanya disajiakan barang dagangan di atas gerobak atau meja yang unik menu yang ada antara lain nasi bungkus dan lauk pauk seperti tahu, tempe, sate usus, beraneka gorengan, dll. Pengunjung dapat dengan leluasa mengambil lauk sambil di temani dengan minuman teh hangat, kopi, atau wedang jahe.

Xotic [dibaca eksotik]

eksotik

Unsur-unsur yang dimiliki kota solo seperti budaya dan view kota mempunyai pesona tersendiri, dan dinilai sangat eksotik dan memikat terlebih jika melirik pada bidang seni dan budaya yang tetap lestari.

Yogyakarta

Solo mempunyai banyak kesamaan dengan kota ini, diantaranya kota sentra batik, kota budaya, kota keraton, kota yang masih menjunjung nilai kerajaan, dan dua kota ini juga memiliki catatan sejarah yang kuat dan saling berhubungan.

Zaman

Baik era kerajaan, penjajahan, bahkan sampai era millennium, Solo tetaplah Solo. Perkembangan jaman dan teknologi yang maju dan terus berkembang, terus diikuti tanpa meninggalkan culture asli.

tulisan ini diposting dalam rangka ikut berpartisipasi dalam lomba Blog Sharing Online lan Offline. diambil dari berbagai macam sumber dan pengalaman pribadi M ketika mengikuti acara sharing tersebut di SOLO.

sumber :

http://www.surakarta.go.id/news/istana.mangkunegaran.html
http://www.javaexplore.co.cc/2008/06/istana-mangkunegaran.html
http://www.javaexplore.co.cc/2008/06/istana-mangkunegaran.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Srabi_Solo
http://visitsolo.net/
http://id.wikipedia.org/wiki/Delman
http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Surakarta
http://kaumbiasa.com/hik-solo.php
sumber gambar :
http://extraculinary-me.blogspot.com/2009_10_01_archive.html
http://komboran.blogspot.com/2008_07_01_archive.html
http://anwariksono.wordpress.com/2008/06/11/galabo-tempat-nongkrong-baru-di-solo/minum-kopi-susu/
http://dianesia.indonetwork.co.id/1140894/kelas-batik-batik-class.htm
http://onceuponasimplelife.blogspot.com/2009/05/potret-eksotisme-budaya-solo-part-1.html
http://theotyo34.wordpress.com/2009/02/28/puro-mangkunegaran/
http://kfk.kompas.com/sfkphotos/2010/01/13/ngarsopuro-lebaran-47419http://www.koranjitu.com/lifestyle/kuliner/food%20guide/index.php?page=16

http://airyz.wordpress.com/2010/05/20/gesang-maestro-keroncong-itu-telah-berpulang/

http://keroncong.wordpress.com/2007/06/18/konser-live-keroncong-di-bandung/

20 thoughts on “A to Z SOLO

  1. Ping-balik: Pemenang #SharingSOLO | Komunitas Blogger Bengawan

  2. Ping-balik: Give Me Back My BB!! #XLBBQ10 | . . . Happy Wife.. Happy Life . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s