bergaul dengan apa adanya

*biar agak nyambung ma musim piala dunia*😀

Dunia maya. kata ‘maya’ menelurkan penafsiran bermacam². asrtinya samar, tak kasat mata, antah berantah.. atau sexehh… eh, klo yang terakhir itu maya temen M..😛

*wokehh, M tadinya udah nulis blog ini puanjang banget.. tp akhirnya M hapus, karena M males punya blog yg panjang, dan kalianpun pasti juga males kan baca postingan yg ngalor-ngidul

intinya, M mau ngomongin tentang FAKE ID. ituloh.. kerjaan orang yg kurang kerjaan, jadi karena kurang kerjaan, dia ngerjain kerjaan yg bisa dikerjakan biar ga dibilang orang yg ga punya kerjaan. tp definisi fake id sih bukan ituh.. *alah tetep, ngalor-ngidul😀

pokoknya tu orang bikin identitas -disini dalam dunia maya- yg palsu aka tidak sebenernya. *kurang kerjaan kan? tujuannya pun macem², ada yg cuman sekedar iseng, coba², pengen ngerjain orang, cemen [dengan mengaku orang lain dan menyembunyikan identitas aslinya], krisis identitas, paling parah sengaja pengen niat jahat sama orang, ato karna alesan laen yg cuman dia dan Sang Pencipta yang tau..

dalam dunia perblogeran, fake id udah banyak ditemui. ada yg memang bener² berniat jahat, dengan melakukan penipuan, ato untuk membunuh karakter orang. *untuk kasus ini M ga mau bahas lebih lanjut, gugling aja, banyak hehe..

nah, apakah kalian pernah ketemu ato berhubungan dengan mereka? M pernah. tp klo yg ini bukan orang jahat.. dia mah keknya tipe² pemalu. hihi.. suatu hari M punya temen namanya ivan, ketemu di dunia maya dan akrab karena kita sama² dr Temanggung. dianya lagi merantau yg entah dimana. si ivan ini ‘njawani’ bgt.. suka bikin puisi² gt hobinya. kebetulan dia juga kenal sama sahabat M namanya adiz.

suatu hari lagi..  M sama adiz kenal dengan yg namanya seno.. anak bandung. nah si adiz lapor.. klo ternyata antara seno dan ivan punya kesamaan.. dia curiga mereka berdua adalah orang yang sama. soalnya asli temanggung juga. M kaget.. dan setelah kita selidikin dan investigasi -hihi- eh bener… cuman kita sengaja diem. biar dianya ntar ngaku sendiri…

beneran aja.. karena M sama adiz [anak bandung] sering kopdar.. dan asik banget,,, dia jadi pengen.. tp karena dia dr awal udah boong, dia cuman pengen aja tanpa bisa mewujudkan. akhirnya… dia capek sendiri, dan ngaku.. dan sejak itu dia jadi orang terbuka. yg tadinya ga pernah pajang foto jd mulai berani narsis.. dan yg penting.. berani kopdar.. dan ternyata, orangnya show off banget.. hahaha..

kesimpulannya adalah…. yg namanya orang ga ada kerjaan. pake bikin² id palsu.. pasti tetep ga bakalan tenang. dia tetep punya banyak kenalan.. tp sebatas dalam dunia mayanya.. tanpa bisa nyambung silaturahmi dalam dunia nyata. sukurin ya..

tapi ada juga sih.. yg sengaja orang eksis dalam dunia maya dengan menyembunyikan  identitas aslinya.. mungkin karena dia pengen mengungkapkan isi hati, tanpa pengen diketahui kehidupan nyatanya.. tp tetep kendalanya..klo kayak kasus td.. kesusahan mau kopdar. tp tipe² orang kek gini sih ngerasa ga perlu kopdar. tp apa asiknya ya..

yg namanya orang idup kan tetep bersosialisasi, bukan makhluk individual yg ga perlu orang laen.mau maya ato nyata sama aja. suatu saat harus berhubungan sama orang lain. jadi, buat apa kita harus menyembunyikan diri kita, ato parahnya lagi jadi orang laen.. mending jadi diri kita sendiri.. bersosialisasi sewajarnya.. dan pasti banyak manfaatnya,.

apalagi.. untuk era informatika jaman sekarang nih, yg namanya internet udah ga bisa lepas dari kehidupan kita. jd mau ga mau kita berhubungan dengan dunia maya. jadi.. berinternetlah dengan sehat. karena sebenernya internet ni buanyak banget manfaatnya.. apalagi kalo udah ketemu yg namanya ‘sharing’. tuker² informasi, ilmu, bahkan sharing isi hati, biar beban kita sedikit ringan..

nah, yg namanya ‘share’ kita perlu orang lain. disitulah terjadi sosialisasi. dan ketika kita bisa bersosialisasi secara sehat, dan plural.. ga memungkiri terbentuknya komunitas.

*doh.. perasaan kok tetep panjang, dan ngalor ngidul ga jelas ya,.hihi

komunitas dalam dunia maya, udah banyak banget, ada yg terbentuk atas dasar kesamaan regional, kesamaan habit, kesamaan cita², ato  kesamaan kegemaran. dan ketika kita sudah bergaul dalam komunitas kita, mau ga mau kita jadi mengenal satu sama lain teman kita. terlebih kalo kita udah mendeklarasi diri sebagai seorang ‘blogger’, ga afdol rasanya klo nggak mencicipi kenikmatan ‘berkomunitas’, bergaul dan sharing sesama blogger, take and give, jadi kita ga hanya mengambil manfaat dari berkomunitas, tentunya kita jg bisa memberikan manfaat juga buat orang laen.

beruntungnya mereka yang sedari awal memang udah membawa diri sebagai pribadi yang apa adanya tanpa harus menjadi orang lain, ketika bergaul bisa dengan tanpa beban tanpa harus membohongi orang lain. pribadi yg apa adanya ini dibutuhkan banget dalam berkomunitas. kesolidan sebuah komunitas selaen unsur kekompakan dan kinerja anggota, juga faktor ‘kejujuran’ dan pribadi yg apa adanya. sehingga ga ganggu  pergaulan yg nanti²nya juga pengaruh sama kekompakan dan kinerja itu tadi.

klo buat M sendiri, dari awal mengenal dunia maya ini sekitar 10 thn lalu, dan kemudian mengenal irc, email, ym , dan blog, udah berprinsip untuk jd diri sendiri tanpa menutup identitas asli. tp memang pricacy dan scurity itu penting, tp tetap ada ‘space’ kok kita buat menjaga privacy kita. yg jelas prinsip M dalam bergaul [baik dunia maya ato nyata] adalah what you see is what you get.

*jahh.. kok tetep panjang ya..

sumber gambar 

15 thoughts on “bergaul dengan apa adanya

  1. kalo saya malah lebih suka begini…
    teman maya biarlah menjadi teman maya, dan teman di dunia nyata biarlah menjadi teman di dunia nyata.

    saya jarang banget minta kopdar-an, kecuali emang bener² perlu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s