Founder Akademi Berbagi [Ainun Chomsun] ‘Turun Gunung’ ke Cianjur

2012-12-15 11.01.35_800x600

“Belajar sampe Amerika?” para guru mengernyitkan dahi. mereka ngerasa kurang cocok dengan kata ‘Amerika’ ketika anak-anak OSIS yang kita ajak kerjasama bikin acara ini mengajukan judulnya pas minta perijinan. sekolah yang berbasis Islami ini sebaiknya menghindari kata Amerika, kali gitu mikirnya..mendingan diubah judulnya.  gantian kita yang mengernyitkan dahi. should we? judul itu emang diusung langsung dari pembicaranya sendiri, mbak Ainun Chomsun [founder Akademi Berbagi]. dan kita ga berani ngubah, lhawong beliau yang jadi pembicaranya dan hak beliau ngasih judul apa aja buat materinya sepanjang emang isinya ga ada unsur yang ‘ga bener’ dan soal judul tadi kita rasa ga ada yang salah.. hmm kali karena kata ‘Amerika’ yang belakangan ini rame diangkat sebagai negara musuh Islam. tapi ya wes lah kita manut aja.. ngikutin tema yg lebih ‘politely’ yaitu mengganti judul ‘belajar sampai mancanegara’ [tadinya malah mau pakai ‘Kairo’ hehe]. emang ga salah sih.. cuman intervensi semacam ini kan kudu didiskusiin langsung ma pembicaranya.. apalagi materi yang dimaksud sama sekali ga ada hubuangannya dengan ‘apa/siapa Amrika’. ini murni share pengalaman mbak Ai tentang perjalanannya gimana sampe Amerika. [misal mau diganti pake Kairo ya mana nyambung hehe].

oke, lupakan soal judul. itu hanya sedikit masalah kecil, yang harusnya ga dianggep masalah sih karena emang ga pantes dipermasalahkan.. thoh jg ini bukan event gede/ resmi kayak seminar-seminar berbayar mahal yang soal urusan judul/tema kudu dirapatin sedemikian rumit. mending kita langsung cerita ke acaranya sendiri yuk.

pada stay tune

pada stay tune

pas rombongan dari Jakarta dateng, anak-anak udah pada ngumpul di kelas yang disediain buat acara akber. sambil nunggu ‘welcoming session’ M ngebuka dulu acara biar anak-anak ga kelamaan nunggu dengan muter video-video tentang akber khususnya yg ada mbak Ainunnya hehe. biar mereka lebih mengenal, dan kalopun mereka ga kenal, meraka jadi tau bahwa orang yang akan cerita di depan mereka itu bukan orang semarangan😀

ga lama, acara dimulai.. walo peserta ga sebanyak dari yg diekspektasikan tapi lumayanlah.. para cowoknya juga banyak. biasanya acara-acara semacam ini tuh sepi. miskin peminat. dari guru juga cuman ada 3 orang.. semoga karena yang lainnya ada acara yang bener-bener lebih penting hehe. Mbak Ai langsung memulai cerita dan semua perhatian tertuju padanya.. takjub.. dengan cerita dan pengalamannya.. apalagi buat murid-murid disini, mungkin sebagian besar blom pada kepikiran mau ke luar negeri [untuk tujuan belajar. soalnya banyak anak-anak ini sebagian ditinggal ibunya jadi TKI *u know what i mean?*], semoga setelah ini mereka bisa bermimpi sedikit jauh lebih tinggi. karena sebuah bukti udah ada di depan mata mereka.

2012-12-15 11.06.10_800x600kali buat pembicara sekaliber mbak Ainun kudu sedikit maklum dengan kondisi disini, selain tempat dan person yang ‘alakadarnya’ banget [terutama ‘jamuannya’ hihi] juga karena wawasan anak-anak terutama soal sosial media masih minim. [itu yg jadi PR akber cianjur]. ketika ditanya ada yg tau Raditya Dika? hampir semua bengong… dan akhirnya ada satu anak yg angkat tangan.. [itupun belakangan dia ngaku baru-baru ini ‘ga sengaja’ nemu info tentangnya-via google-]:mrgreen: mereka ga tau tentang blog kambing jantan, padahal ada bukunya beberapa seri dan udah di filmin pula. dilayar kaca juga muka radit udah nongol dimana2.. hehe.. oke kita ga perlu kasian sama mereka, mungin karena mereka emang punya kesenengan sendiri [‘dit, ternyata kamu belum terlalu populer’😀 ]. dan karena ‘langka’ satu-satunya anak yang tau tadi mbak Ai ngejanjiin ngasih bukunya Radit, signing pula. *ngiri* [harusnya M ikutan ngacung, nyebutin blognya, buku2nya, postingan favorit, beberapa joke garingnya, filmnya, program acara di tv, sampe mantan pacarnya, halah].

bintangnya

bintangnya

penuturan kisah perjalanan indahnya ke Amerika dengan ilustrasi slideshow bikin kita betah dan ga kerasa udah bedug luhur, padahal acara dimulai jam 10 tit. tapi emang buat anak-anak disin blom ideal kalo kudu dicuap-cuapin lama hehe.. paling ga dari awal hingga akhir anak-anak cukup memberikan atensi yang lumayan, dan kita juga accidentally dapet hiburan dari murid yang tampil nyanyi yaitu eki dan herman, dan denger-denger mereka bakal dapet apresiasi juga tuh dari mbak Ai yg mau dikirimin. hmm

acara kelar.. dan tanpa berlama-lama farewell mereka langsung pamit lagi ke jakarta. jadi makin salut dengan perjuangan dan ringan tangannya mereka yang mau dateng ke cianjur, walo jakarta-cianjur ga jauh-jauh amat, tapi proses nyampenya yang biasanya perlu perjuangan.. macet luar biasa. dan mereka tanpa menghiraukan capek tetep dengan senang hati share dalam kelas akber cuma-cuma [namanya juga berbagi]. dan semoga kedatangan beliau cukup membuat paham gimana kondisi akber di cianjur, dan pendidikan disini. soalnya emang beginilah akber cianjur. jangankan nyari pengajar, nyari muridnyapun masih susah. dibanding kota lain, untuk urusan edukasi emang Cianjur masih kalah. masih banyak yang putus sekolah. ada kegiatan kayak gini aja sepi peminat. padahal gratis. tapi alhamdulillah mbak Ai banyak ngasih masukan-masukan juga buat kita buat gimana jalanin akber cianjur ini ke depannya. jadi makin semangat.

thanks for your visit, mbak. moga kapan-kapan mau ‘turun gunung’ lagi kesini.. dan bisa melihat bahwa kita udah lebih baik.. makasih pengalaman dan ilmunya.. pasti kita akan melebarkan kaki-kaki kita untuk mewujudkan mimpi..

2012-12-15 12.04.16_800x600

2012-12-15 12.06.15_800x600

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s